Unit 5
Lesson 1:
Accounting Foundation
1.
Jelaskan
keterkaitan antara modulSAP R/3 accounting system dengan modul yang lainnya
dalam SAP:
Sistem
akuntansi dengan berbagai unit
sub bagian crictical
dari solusi SAP. Integrasi
berbagai aspek akuntansi dengan masing-masing daerah lain dan dengan logistik dan sumber daya manusia aplikasi menjadi alat
manajemen untuk semua departemen perusahaan.
2.
Jelaskan
peran dari modul SAP R/3 accounting system:
Sistem
akuntansi dengan berbagai unit
sub bagian crictical
dari solusi SAP. Integrasi
berbagai aspek akuntansi dengan masing-masing daerah lain dan dengan logistik dan sumber daya manusia aplikasi menjadi alat
manajemen untuk semua departemen perusahaan.
3.
Jelaskan
bagaimana SAP R/3 acoounting system disetiap negara:
Untuk mengcompanies setiap Negara, SAP
R/3 menawarkan fleksibel perangkat lunak ayng dapat digunakan di berbagai
nergara. System memenuhi kebutuhan Negara –negara idustri utama dengan
menggunaka pendekatan bahasa dan fungsi Negara tertentu untu pajak, pelaporan
dan transaksi pembayaran.
4.
Sebutkan
komponen dari SAP R/3 accounting system:
·
Financial accounting
·
Corporate finance management
·
Profitability and sales accounting
·
Product cost controlling
·
Overhead cost controlling
5.
Sebutkan komponen
finance accounting (F1):
·
G/L
Accounting
·
Accounts payable and accounts receivable
·
Aseet accounting
6.
Sebutkan
komponen coorporate finance management (CFM):
·
Planning
·
Legal consolidastion
·
Corporate finance management
·
Executive infprmation system
·
Profit center accounting
·
Treasury management enterprise controlling
includes
7.
Sebutkan
profitability dan sales accounting:
·
Product cost planning
·
Cost object controlling
8.
Sebutkan
komponen product cost controlling:
·
Cost
centers
·
Internal
orders
·
Activity
based costing
9.
Sebutkan
komponen overhad cost controlling:
·
Cost center
·
internal order
·
activity based costing
10.
Jelaskan
invesment management:
Memungkinkan company-wide penanaman
moda dalam perencanaan dan pengendalian individu upaya penanaman modal.
11.
Jelaskan
project management:
Memungkinkan efisien perencanaan,
biaya sensitive control, dan berorientasi target pelaksaan proyek dengan
kompersensif integrasi dengan mengendaliakn dan logistik.
12.
Jelaskan
general ledger:
Suatu kumpulan akun yang telah di
golongkan atau dikelompokakn berdasarkan sifat, tujuan, dan mencatat transaksi
keuanagn untuk menyusun sebuah laporan keuangan yang menjadi pertanggung jawban
sebuah perusahaan pengelola.
13.
Balance
sheet:
Balance sheet adalah salah satu
laporan keuangan dalam akuntansi yang menunjukan keadaan keuangan secara
sistematis dari suatu perusahaan pada saat tertentu dengan cara menyajikan
daftar aktiva, utang dan modal pemilik perusahaan.
14.
Loss
statement:
Loss statement adalah bagian dari
laporan keuangan suatu perusahaan yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi
yang menjabarkan unsur-unsur pendapatan dan beban perusahaan sehingga
menghasilkan suatu laba (atau rugi) bersih.
15.
Syarat
master sistem akuntansi yang efektif:
Komponen
FI menawarkan metode
fleksibel untuk membuat buku besar untuk memenuhi berbagai tujuan yang menyangkut masalah hukum, aliran nilai, dan klasifikasi posting. Daftar akun adalah sistem klasifikasi didefinisikan oleh akuntansi untuk merekam nilai-nilai atau arus nilai.
16.
Jelaskan
konsep-konsep company, company code, business area, functional area, profit
center:
·
Company Ini mewakili sebuah badan hukum secara mandiri terdiri atas satu
atau lebih perusahaan kode
·
Company code ini mewakili pandangan hukum pajak perusahaan. Kalender
fiskal, mata uang lokal, dan persyaratan pelaporan pajak menentukan desain,
lengkap dan didamaikan sistem pelacakan
·
Business area ini membantu menggambarkan struktur internal untuk segmen
eksternal pelaporan. Anda menggunakan wilayah bisnis untuk menganalisis item
dipilih neraca dan laporan laba rugi untuk produk divisi atau struktur regional
·
Akuntansi biaya penjualan ini adalah perbandingan periode akuntansi, yang
berbeda tergantung pada permintaan
·
Profit center dengan desain yang fleksibel, istilah ini mengontrol
digunakan untuk menggambarkan daerah internal tanggung jawab. objek kesiapan
operasi perusahaan yang ditugaskan untuk keuntungan pusat.
17.
Chart of
account:
Sistem klasifikasi didefinisikan oleh
nilai-nilai akuntansi untuk merekam atau nilai flows. Terlebih , grafik account
menjamin render rekening yang benar.
18.
Jelaskan
fungsi-fungsi yang dapat dijalankan oleh chart of account:
·
as an operatonal chart of account : berisi rekening saat ini digunakan
dalam transaksi sehari hari dengan system . hal ini memungkinkan seragam,
seluruh perusahaan klasifikasi bisni.
·
as a local chart of account : berisi account yang diperlukan untuk memenuhi
hokum requirement. Posting data dapat diwakili berdasarkan perkembangann
Negara, criteria penggolongan standar.
·
As a group chart of accounts : berisi semua account yang berlaku dari
seluruh group corporate. Posting data dapat diproses atau diwakili berdasarkan
persyaratan eksternal kelompok akuntans.
19.
Jelaskan
costumer master data:
Catatan master pelanggan berisi semua
informasi yang kebutuhan perusahaan untuk hubungannya bisnis dengan pelanggan.
data ini mengontrol prosedur posting dan pengolahan berikutnya, seperti
pembayaran.
20.
Jelaskan
struktur master record untuk costumer master data:
·
general data: Data ini adalah sama-sama relevan untuk setiap company kode
dan setiap organisasi penjualan dalam perusah
·
data for company codes : data ini mencerminkan perjanjian khusus perusahaan
dengan pelanggan
·
data fo sales : data ini memiliki karakteristik yang berbeda untuk
organisasi penjualan milik perusahaan dan saluran
21.
Jelaskan
vendor master account payable:
Catatan master vendor berisi semua
informasi yang dibutuhan perusahaan untuk hubungan bisnis dengan vendor. data
ini mengontrol transaksi posting serta pengolahan posting data.
22.
Jelaskan
yang disediakan oleh vendor master account payable:
Ikhtisar dari semua data untuk vendor
tertentu, akses data yang fleksibel, data dasar yang digunakan untuk mengontrol
transaksi pembayaran dan untuk mewakili proses bisnis. Selain itu, catatan
master vendor fleksibel desain cocok untuk kebutuhan khusus.
23.
Jelaskan
general data:
Termasuk alamat dan data
telekomunikasi , vendor umum informasi serta rincian bank.
24.
Jelaskan
company code data:
Mencakup kebijakan khusus perusahaan
mengenai pembayaran transaksi, dunning prosedur, dan korespondensi informasi.
data ini termasuk yang disepakati pada syarat-syarat pembayaran dan metode
pembayaran.
25.
Jelaskan
purchasing organization data:
Termasuk penyelidikan, ketertiban, dan
faktur verifikasi informasi. Data ini hanya diperlukan jika menggunakan sistem
sap functions. Data ini dapat ditambahkan atau diubah setiap saat kita
inginkan.
26.
Jelaskan
asset management:
Asset management sebagai meningkatkan
otomatisasi membuat perencanaan dan pengawasan aset tetap untuk tujuan
eksternal dan internal akuntansi yang pernah lebih penting. Di samping murni
akuntansi dan neraca persiapan, ada persyaratan yang luas untuk mengendalikan
dan pemeliharaan pemantauan.
27.
Jelaskan
asset class asset master record:
Asset class : kelas aset mendukung
penataan dan klasifikasi aset tetap. Nilai umum pusat , seperti klasifikasi
kriteria kunci kehidupan , depresiasi dan bermanfaat data untuk penilaian
kekayaan bersih.
28.
Jelaskan
asset account balance:
Tampilan baris item memberikan
ikhtisar terbuka, dibersihkan, dan biasa ditaruh di rekening. Anda menentukan
mana informasi tentang masing-masing item baris yang akan ditampilkan di layar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar