Navigation Lesson: Navigating in the SAP system
1. Gambarkan layout SAP Easy Access screen:
Layar SAP mudah adalah default layar awal di Sistem SAP. Sisi kiri layar berisi hirarki pohon menu yang tersedia untuk anda dalam SAP.
2. Tiga cara navigasi untuk memulai transaksi:
· Transaction code
· Client
· User
3. Beda antara SAP standard menu dengan role based user menu:
· SAP standard: Daftar lengkap dari semua transaksi mungkin dan laporan yang ditawarkan oleh sistem.
· Role based user menu: Kumpulan kegiatan yang digunakan dalam skenario bisnis.
4. Sebutkan menu standar dalam screen SAP:
· Menu
· Edit
· Favorite
· Extras
· System
· help
5. Bagian dari Screen SAP yang menunjukkan informasi umum dalam sistem SAP dan transaksi atau task yang sedang dikerjakan:
Status Bar
6. Sebutkan cara untuk mengakhiri atau menutup SAP dengan menuliskan pada common field:
/nex
7. Jelaskan bagian-bagian : menu bar, standard tool bar, title bar, apllication tool bar, comman field, status bar, input field, check boxes, radio buttons, tab, transaction code, menus, favorite or user menu:
Menu bar
· Feature
· Edit
· Go to
· Utilities
· Pview
· System
· Help
Standart toolbar
· Enter
· Command field
· Save
· Back
· Exit
· Cancel
· Print
· Find
· Find Next
· First page
· Previous page
· Next Page
· Last page
· Customizing of Local layout
· Create shortcut
· Help
· Create Session
8. Cara mengetahui transaction code:
9. T Code: /n, /nxxxx/, /o, /oxxxx, /nend, /nex, /i, su3, sm04, /nsm04:
· /n: Kembali ke menu awal
· /nxxxx: Memulai transaksi tertentu langsung dari transaksi lain
· /o: Menampilkan gambaran sesi
· /oxxxx: Memulai transaksi tertentu dalam sesi baru
· /nend: Mengakhiri sesi logon
· /nex: Mengakhiri sesi logon tanpa konfirmasi
· /i: Menghapus sesi saat ini
· Su3: Menjaga pengguna data sendiri
· Sm04: Daftar pengguna
10. Role based user menus:
Kegiatan yang digunakan dalam skenario bisnis dan pengguna dapat mengakses transaksi, laporan, atau aplikasi berbasis web melalui peran bisnis menu mereka.
11. Sebutkan tiga isi dari menu Favorites:
· Web
· File
· transaction
12. Isi dari status bar:
Ujung kanan status bar berisi tiga bidang: satu dengan server: satu dengan informasi server, dan dua dengan informasi status. Di paling kiri, status bar: mengidentifikasi pesan dan pesan indentifies sistem lainnya.
13. Status fild:
· System
· Client
· User
· Program
· Transaction
· response time
Navigation Lesson : Using Help
1. Berikan gambaran bentuk Help dalam SAP system:
Gambaran bentuk help dalam system SAP adalah F1 membantu mencari definisi, F4 membantu mencari alternatif jawaban.
2. Sebutkan cara melakukan Help:
Pilih opsi menu dan pilihkan Help.
3. Sebutkan 3 online help:
Application help , SAP library, glossary, release notes, SAPnet, feedback, settings, F1, F4.
4. Application help, SAP library, Glossary, Release Notes, SAPnet, Feedback, Setting:
· Application help: Bantuan aplikasi menampilkan bantuan yang komprehensif untuk aplikasi saat ini. Memilih opsi menu dalam bantuan tampilan layar awal pada mendapatkan startd dengan SAP.
· SAP library: Memilih opsi menu dalam bantuan tampilan layar awal pada mendapatkan startd dengan SAP.
· Glossary: Semua dokumentasi online dapat ditemukan di sini.
· Release notes: Dapat mencari definisi dari istilah dalam daftar istilah.
· SAPnet: Memungkinkan kita untuk log on ke SAPnet.
· Feedback: Umpan balik memungkinkan anda untuk mengirim pesan ke ujung depan SAPNet, layanan SAP.
· Setting: Pengaturan memungkinkan anda untuk memilih setting untuk bantuan.
5. Penjelasan F1 , F4:
· F1: Mencari definisi
· F4: Mencari alternative jawaban
Navigasi Lesson : logging on and personalizing your interface
1. Apa itu SAP GUI:
Program standar untik mengakses hampir semua solus SAP.
2. Varian SAP GUI:
Program standar untik mengakses hampir semua solus SAP.
3. Bagaimana proses logon SAP:
· Langkah 1: klik pada shortcut icon SAP Logon dari desktop dan Log pada pad akan membuka
· Langkah 2: klik pada tombol Login
· Langkah 3 : Pada layar awal Anda harus memasukkan kode Client, Username, password dan bahasa jika ada.
4. Sebutkan tiga informasi yang dibutuhkan untuk melakukan logon SAP:
Client, UserName, Password.
5. Dua cara melakukan logon:
· Multiple Logons: Menggunkan logon atau menggunakan beberapa sesi ganda.
· Multiple Session: Menggunakan beberapa sesi memungkinkan anda untuk membuka beberapa jendela pada waktu yang sama pada komputer yang sama.
6. Perintah melakukan multiple log on:
Continue with this logon and end any other logon of this logon of this the system.
7. Apakah bisa membuka lebih dari satu session dalam SAP? Caranya?
Anda dapat membuat sesi baru setiap saat. Hal ini sangat berguna jika anda berada di tengah menyelesaikan transaksi dan anda perlu untuk memverifikasi beberapa inormation untuk menyelesaikan transaksi. Anda dapat membuat beberapa sesi, dan setiap sesi adalah independen dari yang lain. Anda tidak akan kehilangan data apapun dalam sesi yang sudah terbuka. Misalnya, menutup sesi pertama tidak menyebabkan sesi lain untuk menutup.
8. Apa pengaruh positif dan negatif dari membuka lebih dari satu session:
Sesi terbuka terlalu banyak dapat mengakibatkan kinerja sistem lebih lambat. Untuk alasan ini, administrator sistem anda dapat membatasi jumlah sesi Anda dapat membuat. Anda dapat memindahkan antara sesi sesering yang Anda suka tanpa kehilangan data apapun.
9. Sebutkan lima cara untuk melakukan personalia user interface:
· Change the layout of the SAP Easy Access screen
· Track your input history to provide input help
· Display status messages in a pop-up window instead of the status bar
· Set preferences for how data displays
· Adjust the color and behavior of the screens and fields
Introduction Lesson : Product overview
1. Sejarah ERP system:
Di tahun 1970-an, konsep sistem perencanaan sumber daya perusahaan tidak ada. Dengan R/1 sistem, SAP mengembangkan produk perangkat lunak yang menangani proses data secara real time dan menyimpannya ke database pusat. Berarti bahwa perusahaan dapat mengakses data mereka sendiri dengan cepat dan memiliki tingkat kontrol yang tinggi dan transparansi. Pada 1980-an sistem ini kemudian dikenal sebagai sistem ERP standar. karena SAP telah meletakkan dasar yang baru di daerah ini, menjadi pemimpin pasar.
2. Jelaskan tiga produk SAP untuk perusahaan besar, menengah dan kecil:
· Perusahaan Besar: my SAP Business suite my SAP ERP
· Perusahaan Menengah: my SAP all-in-one
· Perusahaan Kecil: my SAP Business One
3. MySAP solution:
Solusi masing-masing memiliki area fokus iru sendiri dan menyediakan funsi untuk memetakan daerah ini dengan cara yang fleksibel dan komperenshif. Semua solusi yang didasarkan pada teknologi NetWeaver SAP.
4. Component or application:
Produk SAP dilihat dari sudut pandang pelanggan, dengan fokus luar dalama pada proses company. Komponen, bagaimanapun, merupakan padangan teknisi SAP perangkat lunak dengan fokus dalam keluar.
5. Isi dari component:
SAP ERP central component, SAP enterprise Portals, SAP business Information warehouse, and SAP cutomer relationship Mnagement are technical parts of this solution.
6. Membedakan SAP sebagai solution dan sebagai component:
SAP Solution, di awali dengan My SAP. Sedangkan SAP sebagai Component di awali dengan SAP saja.
7. SAP NetWeaver technology:
Aplikasi SAP dan platform integrasi adalah dasar teknis untuk my SAP Business Suite dan SAP xapp. Ini memberikan infrastruktur yang lengkap, terbuka dan fleksible yang memungkinkan kita untuk dengan mudah mengintegrasikan aplikasi SAP dan non SAP.
8. Sebutkan empat area SAP NetWeaver:
People Integration, Information Integration, Process Integration, Application Integration.
9. SAP netweaver component:
SAP AI, SAP XI, SAP MI, SAP EP, SAP solution manager, SAP BW, SAP EDM.
10. Jelaskan MySAP ERP, mySAP ERP Financial, mySAP ERP HCM, mySAP Business suite, mySAP CRM, mySAP PLC, mySAP SCM, mySAP SRM:
· mySAP ERP: Dirancang sedemikian rupa sehingga perusahaan melaksanakannya fungsi bisnis yang mereka butuhkan saat mereka membutuhkannya, sehingga simplifying upgres dan mengurangi biaya total kepemilikan.
· my SAP ERP Financial: Tujuan dari solusi ini adalah dengan memanfaatkaan dana perusahaan secara efektif dan karenanya meningkatkan keuntungan dalam jangka panjang.
· my SAP HCM: Memungkinkan anda untuk memanfaatkan secara efektif terhadap keberhasilan perusahaan.
· my SAP Business suite: Menyediakan fleksibilitas ini dalam satu paket lengkap terbuka, solusi terintegrasi untuk seluruh ranrai nilai.
· my SAP CRM: Solusi yang menempatkan pelanggan pertama. Pelanggan dapat menghubungi perusahaan melalui sejumlah saluran komunikasi.
· my SAP PLC: Menawarkan fungsi untuk pengembangan produk, keamanan produk, kualitas, dan pemeliharaan.
· my SAP SCM: Rantai pasokan tidak berakhir di pintu gudang. Anda dapat menggunakan mySAP SCM untuk merencanakan dan mengoptimalkan rantai pasokan lintas batas perusahaan.
· mySAP SRM: Pengadaan memalalui internet dan pasar hanya dua cara untuk mengoptimalkan pembelian.
11. Industri yang dilayani oleh SAP:
Otomotif, perbankan, bahan kimia, kesehatan, Logistik Service Provider, pertambangan, minyak dan gas, Sektor publik, eceran
12. Jelaskan SAP xApps:
Xapps SAP generasi baru aplikasi yang memungkinkan anda untuk mendorong perbaikan dan inovasi dalam perusahaan anda lebih mudah dengan kemampuan mereka untuk menggabungkan yang ada, sistem heterogen untuk membentuk lintas fungsi proses, xapps SAP membawa orang-orang, informasi dan proses bisnis bersama-sama untuk membuat perusahaananda lebih dinamis dan kompetitif.
13. Karakteristik dari SAP xApps:
· Cross-functional
· Composite
· Cross-system
· Information-driven
14. Contoh SAP xApps:
· SAP xApp Cost and Qutation Management (SAP xCOM)
· SAP xApp resorce and Portofolio Management (SAP xRPM)
· SAP xAPP Product Definition. (SAP Xpd)
· SAP xApp Emissions Management (SAP Xem)
15. Jelaskan mySAP all in one dan keuntungannya:
mySAp all-in-one menawarkan solusi out-of-the-box fleksibilitas dikombinasikan dengan kekuatan kelas dunia SAP solusi bisnis.
16. Jelaskan mySAP business one dan keuntungannya:
Dapat diimplementasikan dalan beberapa harI
17. SAP is a solution company:
TRUE
18. mySAP solution platforms are open and flexible (True/False):
TRUE
19. all of the mySAP solutions are role based:
FALSE
Introduction: Lesson : SAP : the company
1. Tahun berdiri SAP dan dimana:
1972, Jerman.
2. Pendiri:
Dietmar Hopp, Claus Wellenreuther, Hans Werner Hector dan Klaus Tschira.
3. Singkatan SAP diawal:
System Analysis and Program Development.
4. Singkatan SAP sekarang:
System Applications and Product in data Processing.
5. Menjelaskan konsep dan sejaran ERP system:
Sejarah ERP: Di tahun 1970-an, konsep sistem perencanaan sumber daya perusahaan tidak ada. Dengan R/1 sistem, SAP mengembangkan produk perangkat lunak yang menangani proses data secara real time dan menyimpannya ke database pusat. Berarti bahwa perusahaan dapat mengakses data mereka sendiri dengan cepat dan memiliki tingkat kontrol yang tinggi dan transparansi. Pada 1980-an sistem ini kemudian dikenal sebagai sistem ERP standar. karena SAP telah meletakkan dasar yang baru di daerah ini, menjadi pemimpin pasar.
Konsep ERP: Konsep sistem ERP diambil dari sistem MRP tahun 1970-an dan 1980-an. Namun, sistem ERP telah berkembang jauh masa lalu sistem MRP asli. Konsep sebuah sistem ERP awalnya masuk akal bagi perusahaan industri besar. Namun, saat ini sistem ERP sekarang dirancang untuk bahkan perusahaan kecil. Dan, perusahaan industri tidak hanya tipe organisasi yang bisa makmur dengan sistem ERP. Sistem Perencanaan Sumber Daya Perusahaan yang dibuat untuk industri makanan, industri ritel, industri waralaba, industri medis dan hampir semua industri lainnya.
6. Jelaskan beda antara SAP sebagai solution dan sebagai aplikasi:
SAP Solution, di awali dengan My SAP, sedangkan SAP sebagai Application di awali dengan SAP saja.
7. Gambaran karyawan SAP
8. An exemplary corporate culture:
Menjelaskan mengenai karyawan baru adalah pengenalan dunia getah melalui acara orientasi khusus, program pelatihan dan konsep mentoring yang memastikan setiap karyawan memiliki panduan praktis selama ini. karena mentalitas tim sangat dihargai di SAP. Semua karyawan bisa bergantung sepenuhnya pada rekan-rekan mereka. Karyawan baru khususnya bisa mendapatkan keuntungan dari tips dan informasi yang diberikan oleh rekan-rekan yang lebih berpengalaman.
9. Achievement orientation, creativity and innovation:
Budaya SAP menawarkan sejumlah besar kebebasan pribadi. Sehingga kebebasan memotivasi dan menginspirasi karyawan untuk mengembangkan dan mewujudkan ide-ide mereka. Konsep kreatif dan inovatif selalu diterima dalam tim dan ide-ide baru yang didukung.
10. Training through personal development:
SAP karyawan tahu bahwa mereka harus mampu bereaksi secara fleksibel terhadap perubahan, serta pengetahuan mereka yang selalu harus diperbaharui.
11. Contoh konsumen SAP:
PT.ASTRA, PT. UltraJaya Milk Industry, PT. POS Indonesia, PT. TELKOM, PT. PERTAMINA
12. Portal SAP:
Sebagian besar informasi dalam pelajaran ini diambil dari Internet Portal SAP. Anda dapat menemukan informasi tentang perusahaan dan produk, layanan, dan mitra (www.sap.com). jalan menu dalam portal ini adalah mudah diikuti. Jika Anda tidak dapat menemukan informasi langsung dari menu pilihan, Anda dapat menggunakan fungsi pencarian. cuetomer banyak juga ingin menerima penawaran lokal dan informasi dalam bahasa mereka sendiri. Pelanggan dapat memilih dari sejumlah negara SAP Portal tertentu.
13. Social engagement:
Sebagai penyedia global terkemuka perusahaan perangkat lunak SAP memiliki resposibility untuk memastikan bahwa proses bisnis yang halus dan transparan. Namun SAP tidak hanya memiliki tanggung jawab kepada pelanggan dan mitra tetapi juga untuk masyarakat pada umumnya.
14. Corporate citizenship:
SAP ingin memainkan perannya dalam penciptaan lingkungan prodoductive dan transparan yang bermanfaat bagi semua orang SAP mempromosikan kemitraan dan kerjasama dengan semua organisasi sosial yang juga menghormati tujuan ini, dan secara aktif terlibat dalam kegiatan sosial, ilmiah, dan budaya.
15. Regional engagement:
Mempromosikan pengembangan-menangkap peluang masa depan inovasi thourgh. Di bawah moto ini, SAP mendukung organisasi-organisasi dan lembaga di daerah setempat dari kantor cabang.
16. Government relations:
Kami mengambil tanggung jawab yang serius sebagai mitra kompeten penasihat, sebagai pemimpin pemikiran, dan pemimpin pembangunan. SAP karena itu mendukung sebuah program internasional nasional yang pelanggan yang ramah, adil, dapat diandalkan, dan berdasarkan ekonomi pasar.
17. Sport sponsorhsip:
Kecepatan, ketepatan, dan hasil nyata adalah alasan di balik pemimpin penyedia global SAP iklan kapal perangkat lunak enterpries.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar